Minggu, 29 Mei 2016

Berlabel , , , , ,

Yang Penting Dilakukan Desainer Setelah Nginstall Xenial

Heu Heu, Sok-sokan sekali judulnya. Tapi ndak papa sekali kali manusiawi. Jadi Ya, Oke. Kembali ke topik. Ehm. Kemarin saya menghapus Freya. Yah padahal saya masih cinta. Cuman karena agak kurang nyaman belakangan ini setelah melakukan upgrade file manajer favorit saya, Pantheon Files, jadi nggak tau gimana gak bisa ngepreview file -padahal di Thunar bisa- udah gitu juga sering dapet problem notification, macam-macam masalahnya. saya jadi nggak betah dan terpaksa kembali ke Ubuntu. Kan mumpung rilisnya Xenial Xerus masih anget jadi sekalian saya nyobain.


Jadi setelah install pasti dong ada yang kudu dilakukan. Dan tentu saja berbeda-beda tiap manusia. Nah saya sebagai mahasiswa desain bakal ngebahas apa saja yang saya -biasa- lakukan setelah install ulang -OS apa sajah heuheu-

1. Tweak

Ini wajib banget bagi saya mengingat saya agak kurang suka sama iconsetnya Ubuntu -walaupun bagus- yang kurang konsisten. Jadi yah saya mengorek kembali berkas-berkas sisa peninggalan Freya yang tentunya sudah pernah saya instali iconset luar. Jangan lupa download tema juga. Walaupun memang saya nggak terlalu ada masalah sama Ambience tapi menurut saya kurang mbois. 

Yak  untuk menginstall Unity Tweak Tool cukup pake command berikut

sudo apt install unity-tweak-tool
2. Wallpaper


Saya kurang suka Wallpaper resmi di Ubuntu Xenial. Labih bagusan Xubuntu heuheu, Lebih bagusan lagi Elementary uhuy. Jadi recommended banget buat nyari wallpaper.  Terserah nyarinya mau dimana. Kalau saya sih di Deviantart. Tapi ya harus jeli juga soalnya gak semua di situ bagus.


3. Produktivitas

Perlu banget aplikasi-aplikasi produktivitas buat calon desainer! Mulai ngatur waktu, ngatur berkas, sampai mempermudah fafifu di OS kita tentu gak boleh kelewatan dong. Makanya sehabis install ulang pasti perlu banget aplikasi-aplikasi berikut ini

    a.  easystroke
         mempermudah segala komando hanya dengan gerakan mouse, touchpad, atau pentab. install dengan
sudo apt install easystroke
   b. Sinkronisasi Drive-Nautilus
        Yah sebagai mahasiswa, tugas banyak, file banyak, menyimpan hal-hal penting di cloud jadi solusi keribetan ini. Cara sinkronisasinya kapan-kapan  saya kasih tahu ya. Heu heu.

   c. gpick

       Ini penting banget buat desainer. Aplikasi color picker yang ini menurut saya powerful banget. Yah walaupun interfacenya agak kudet tapi menunjang sekali buat berkarya cihuy.

sudo apt install gpick
   d. Typecatcher
       Aplikasi yang sangat sangat sangat dibutuhkan desainer yang butuh banyak font gratis dan berkualitas. Typecatcher membantu kita menemukan dan mengunduh fonts yang ada di Google Webfont.

sudo apt install typecatcher
4. Alat Gambar

Terakhir dan paling utama, alat gambar. Banyak software gambar yang open source di luar  sana tapi yang berikut ini yang recommended karena interface, kinerja, dan performanya yang yahud.

   a. Inkscape
        Alternatif Corel Draw sama Adobe Illustrator. Inkscape secara kinerja menurut saya lebih powerful ketimbang corel draw kok, serius. Antar mukanya simpel dan gampang juga dipelajari.

sudo apt install inkscape

   b. Krita



        Krita adalah software digital painting gratis dan opensource yang cukup populer. Menurut saya kalau dibandingin sama photoshop terkait aplikasi digital painting, Krita jelas juara.

sudo apt install krita

Yap Mungkin itu saja yang wajib banget ada di laptop saya sebagai calon desainer uhuy aamiin. Tapi ya seperti yang saya katakan di awal tadi, selera tentu saja berbeda-beda tiap manusia tapi barangkali anda ingin tahu selera saya ya itu tadi. Sekian. Terima kasih.

Wassalam

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar