Kamis, 23 Agustus 2012

Berlabel , ,

Editing Conky, Siap?

Sebenarnya sih, isi dari posting kali ini mau saya gabug di post sebelumnya. Tapi, karena terlalu panjang, saya pisahkan antar postingan ini dan posting sebelumnya :D. Sudah siap? Mari mulai...

Kali ini kita akan konfigurasi Conky dengan menggunkan theme yang sudah ada. Syarat agar tutorial ini berhasil adalah:
  1. Conky sudah terinstall
  2. Theme conky sudah terinstall(akan kita jadikan induk)



Pertama-tama, masuklah ke folder home. Tekan Ctrl+H di situ untuk menampilkan file yang tersembunyi. Setelah file tersembunyi muncul, buka file bernama ".conkyrc" dengan gedit.


Setelah jendela Gedit terbuka, anda bisa mulai berkreasi. Berikut saya bantu sedikit untuk konfigurasi.
(karena tema conky yang dignakan bisa berbeda-beda, saya tidak bisa membantu banyak, mohon maaf)

Untuk mengubah warna objek cobalah mengganti hex codenya. hex code berbentuk 6 digit, bisa berisi huruf dan/atau angka. Anda bisa menemukankode hex di sini. contoh: FF32CC, CC6A5F, 000000.

Untuk mengubah posisi objek, cobalah mengganti value dari offset, untuk mengatur posisi secara hirizontal, ganti value offset, untukmengatur vertikalnya gunakan vofset. contoh: ${voffset 20}${offset 20}

Untuk mengubah font dan ukurannya , gunakan format seperti ini ${font Lato Light:pixelsize=120} , ganti "Lato Light" dengan nama font yang anda inginkan, ganti angka ang ditunjukkan pixelsize dengan ukan font yang sesuai.

setelah konfigrasi yang anda lakkan selesai, save file tersebut. Kemudian buka Terminal lalu restrat conky dengan mengetikkan command berikut secara berurutan:

killall conky 
conky

Selesai! Bagaimana config. conky bikinan anda? simak terus Blog ini, dan terima kasih.



Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar