Minggu, 05 Juli 2015

Berlabel , , ,

Ekosistem Baru: Elementary OS Freya


Hai! Lama nggak nulis di sini. Padahal beberapa waktu lalu udah nulis post berjudul "Balik!". Hahaha. Lupakan.

Dua hari Sebulan yang lalu saya menginstall Elementary di Laptop, bersebelahan sama Ubuntu. Sebenarnya sudah lama sekali ingin nyoba Elementary. tapi dulu kan masih cinta sama Ubuntu. Jadi ya saya urungkan.

Jadi minggu-minggu ini saya kurang nyaman di Ubuntu, entah agak lelet karena kebanyakan aplikasi atau apa. Lalu saya putuskan nyoba Install Freya Beta. Masa percobaan saya tiga hari dan kalau dirasa lebih nyaman, okelah Ubuntu terpaksa harus saya hapus :v

Duh, Jadi intinya di pos kali ini saya ingin mengulas sedikit, memberi komentar dan sebagainya untuk Freya. Bisa Anda jadikan pertimbangan kalau-kalau ingin Instalasi :))



 "Freya is Insane!" Begitu kata orang-orang di dunia maya. Awal nyoba saya juga berpikir gitu. Kalau biasanya saya install Ubuntu butuh waktu 20-30 menit, instalasi Freya kali ini benar benar ngga sampai 15 menit. Super! Booting di Freya juga lebih cepat dari Ubuntu. Hmm..

Selain itu yang paling menonjol dari Freya adalah interface yang unik, kalau anda terbiasa dengan Ubuntu mungkin akan perlu adaptasi kecil-kecilan. Misalnya kalau di Ubuntu kita sering menjelajah nautilus, di Freya kita pakai Pantheon-files yang cukup kaya fitur tapi ngga customisable. Tapi kayangga ngga terlalu dibikin masalah toh intinya sama saja. Iya kan?

Overall saya kasih 5 bintang buat Freya. Insane sekali! Saya tunggu kehadiran versi selanjutnya, Loki :D

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar