Rabu, 22 Agustus 2012

Berlabel , ,

Instalasi dan Konfigurasi Conky

conky saya
Di postingan kali ini saya akan menunjkkan cara  Install conky, dan cara install themenya. Simak baik-baik! :D

Tahu Conky,  kan? Conky --menurut saya-- adalah sejenis System Monitor yang menempel di desktop. Sebenarnya ada banyak aplikasi semcam conky yang dibuat khusus Linux, seperti Screenlet dan kawan-kawannya. Tapi saya lebih memilh conky karena lebih menarik. Mulaaiii!!



1. Download dan Install Conky

 Seperi software biasanya, untuk menginstall conky anda bisa menggunakan Terminal. Caranya, buka Terminal lalu ketikkan perintah di bawah ini.
sudo apt-get install conky-all
Lalu jika disuruh memilih [Y/n] ketik saja Y. Tunggu samai proses download dan instalasi selesai.

2. Instalasi Theme


Setelah Download dan install Conky, anda tidak perlu menyalakannya dulu, saat ini kia akn menginstall theme agar mata kita bisa betah pake conky (sekalian bisa pamer ke temen-temen :D).
Siapkan dulu tema Conky yang ingin anda install, saran saya sih download aja di sini. di situ anda bisa memilah dan memiih tema conky yang sesuai. Setelah mendownoad tema, kita baliklagi ke terminal, ketik perintah-perintah ini,
mkdir -p /home/$USER/.conky
Lalu kita ekstrak file hasi download-an tadi,  pilih file utama --setiap theme bisa berbeda-- rename menjadi '.conkyrc' --tanpa tanda petik-- --jika belum bernama '.conkyrc' dan pindahkan ke folder home. setelah itu, ketik conky di terminal.
* jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk menggunakan cara yang dipakai oleh pembuatnya -biasanya ada pada decriptionnya-


Gimana? mudah, kan? mudah dan indah tentunya. Nantikan bantuan-bantuan selanjutnya di sini :D


untuk menjalankan conky secara autostart  caranya
-buka teks editor/gedit ketikkan
#!/bin/bash
sleep 5 && conky
jadi conky akan dijalankan setiap lima detik setelah login.Save dengan nama .conky_start.sh taruh file tersebut dimana saja terserah kalo saya saya letakkan di direktori /home.lalu klik kanan file.conky_start.sh properties->permission->beri tanda centang Allow executing  file as program
-lalu cari startup application pada dash home ,klik Add pada Name isi dengan Conky lalu pada Command isi dengan /home/albar/.conky_start.sh(tempat kita menaruh file .conky_start.sh)

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

2 komentar:

  1. Makasih tutorial ya gan, visback ya :D

    http://openmindos.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama, gan. :D
      btw linknya udah broken kah?

      Hapus